Manajemen Layanan SPBE
DOMAIN
3. MANAJEMEN SPBE. ASPEK 5 – PENERAPAN MANAJEMEN SPBE – Indikator 28 : Tingkat kematangan penerapan manajemen Layanan SPBE.
Manajemen
Layanan SPBE belum atau telah dilaksanakan.
Kondisi: Manajemen Layanan SPBE dilaksanakan tanpa perencanaan.
- Level
1 Belum ada kegiatan, atau kegiatan diselenggarakan secara adhoc.
- Level
2, Kriteria tingkat 1 telah terpenuhi dan Manajemen Layanan SPBE
dilaksanakan dengan perencanaan. Kondisi: Manajemen Layanan SPBE
dilaksanakan pada sebagian proses Manajemen Layanan SPBE (Pelayanan
Pengguna SPBE dan Pengoperasian Layanan SPBE). Data dukung : • Adanya
renja terkait manajemen layanan SPBE dan output kegiatan.
- Level
3, Kriteria tingkat 2 telah terpenuhi dan Manajemen Layanan SPBE
dilaksanakan pada semua proses Manajemen Layanan SPBE (Pelayanan Pengguna
SPBE dan Pengoperasian Layanan SPBE). Data dukung : • Adanya prosedur
formal manajemen layanan yang mencakup SEMUA proses manajemen layanan.
- Level
4, Kriteria tingkat 3 telah terpenuhi, Manajemen Layanan SPBE telah
diterapkan dengan menggunakan sistem aplikasi manajemen layanan, dan
kegiatan Manajemen Layanan SPBE telah dilakukan reviu dan evaluasi. Data
dukung : • Adanya aplikasi Helpdesk TIK yang digunakan
(manual/screenshot/video), • Notulensi rapat/laporan evaluasi manajemen
layanan.
- Level
5, Kriteria tingkat 4 telah terpenuhi serta hasil reviu dan evaluasi telah
ditindaklanjuti melalui perbaikan Manajemen Layanan SPBE. Data dukung : •
Hasil/rapat tindak lanjut laporan evaluasi manajemen layanan SPBE
(termasuk aplikasinya).
Untuk
meningkatan kualitas Layanan SPBE, DISKOMINFO Kota Probolinggo sebagai OPD
penyelenggara layanan komunikasi dan informatika melaksanakan strategi dan
kegiatan diantaranya :
- Survei
Penggunaan SPBE
- Portal
layanan kominfo
- Portal
layanan antrian aplikasi
Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk memberikan kemudahan dalam memberikan
layanan secara tepat guna dan tepat sasaran.